Jumat, 28 Mei 2010

riset akuntansi

Riset akuntansi adalah upaya yang dilakukan untuk mencari kebenaran di bidang akuntansi. Hasil riset ini merupakan penyambung fenomena sosial dibidang akuntansi dengan struktur teori akuntansi. Fenomena sosial ini dituangkan dalam berbagai bentuk statement ilmiah sehingga menjadi teori. Teori ini bisa menjelaskan tentang kebenaran yang sudah ada (deskriptif), mendukung teori yang ada (justifikasi), mengingkari kebenaran yang sudah lama (refute), atau ingin melahirkan teori baru.
Dalam literatur masih dipertentangkan apkah akuntansi ini sebagi art, science, atau engineering. Ketiga posisi ini masing-masing mempunyai alasan yang dapt dipertahankan.
Para pendukung akuntansi sebagi art, misalnya Sterling (Wolk dkk.,1989) menganggap akuntansi itu sangat sarat dengan pertimbangan dan penefsiran pribadi yang dilakukan oleh praktisi dibidang ini sehingg sukar merumuskannya dalam formula matematis sehingga mereka menyimpulkan bahwa akuntansi adalah lebih dekat dengan seni atau lebih tepatnya liberal art.
Para pendukung akuntansi sebagai science mengemukakan bahwa akuntansi itu banyak didominasi oleh prosedur pengukuran yang ketat yang akan menghasilkan atribut ekonomis yang mempunyai arti seperti dalam hal pengukuran aset yang dapat dijadikan dasar sebagai peramalan.

0 komentar:

Posting Komentar